Latest News

Sabtu, 20 September 2014

PENGERTIAN DAN MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MANFAATNYA

Pengertian Jaringan Komputer - Jaringan komputer memang sangat fital perannya dalam mensinergikan beberapa perangkat komputer dalam suatu organisasi. Banyak pula manfaat yang bisa diperolah apabila suatu perusahaan mengusung jaringan komputer. Tidak lain bahwasanya jaringan komputer ini digunakan oleh banyak sekali perusahaan untuk keperluan berbagi informasi. Adalah sesama anggota perusahaan, dimana atasan dan bawahan bisa memiliki tugas yang berbeda.


Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian dari jaringan komputer itu sendiri adalah sebuah jaringan dimana di dalamnya terdapat beberapa perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain. Selain itu, di dalam sebuah jaringan komputer juga terdapat perangkat komputer server dan juga client. Tentu saja kedua perangkat komputer itu berbeda fungsinya. Namun pada dasarnya jaringan komputer yang terdiri atas kedua perangkat tadi memiliki fungsi yakni sebagai tempat untuk pertukaran data, melakukan komunikasi, ataupun memanfaatkan computing power dari server.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang didesain sedemikian rupa sebagaimana tujuan utamanya yakni untuk dapat berbagi sumber daya (CPU, printer), berkomunikasi (pesan instan, surel), dan dapat mengakses informasi (situs web). Sementara menurut pembagiannya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi.

Jaringan terdistribusi adalah jaringan komputer yang cara kerjanya dilakukan oleh semua perangkat komputer di dalamnya. Ini berarti tidak ada perbedaan antara server dengan client. Sedangkan jaringan tersentralisasi adalah jaringan komputer yang cara kerjanya berbeda baik itu server maupun client. Pemusatan jaringan komputer tersentralisasi adalah pada komputer server.

Sumber : http://ebookservicekomputer.blogspot.com/2013/06/jaringan-komputer.html

Manfaat Jaringan Komputer

Jika sobat  bertanya tentang apa saja manfaat jaringan komputer atau internet, maka sangat banyak sekali manfaat internet. Berikut adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer :
1. Komunikasi
Adanya sistem jaringan komputer memungkinkan  untuk bisa saling berkomunikasi Jika jaringan komputer dilengkapi dengan jaringan internet, maka berkomunikasi bisa menggunakan software instant message yang bersifat online, seperti Yahoo Messenger, Gtalk, eBuddy, dan lain sebagainya. Namun apabila tidak, maka bisa menggunakan software instant messenger yang bersifat offline atau hanya berfungsi dalam jaringan komputer saja, seperti WinChat, Net Send, dan FomineNet. Selain itu dengan jaringan kita bisa bertukar informasi dan dan data melalui e-mail.
2. Berbagi Data
Seandainya jika kita harus mengirimkan data dengan jumlah besar dari sebuah komputer ke komputer lain. Apa yang harus kita lakukan. Biasanya kita akan memindahkan data tersebut, dengan menggunakan media eksternal, misal, USB Flash Disk, DVD atau CD dan lain-lain. Hal itu bisa saja dilakukan, namun memakan waktu lama dan sangat tidak efisisien. Nah dengan adanya jaringan komputer, kita bisa memindahkan sebuah data dari komputer ke komputer dengan cepat dan mudah.
3. Berbagi Media
Selain untuk berbagi  data, sistem jaringan komputer juga memungkinkan sharing peralatan penunjang seperti printer, scanner, dan lainnya. Jadi, penyediaan peralatan penunjang tersebut tidak perlu sesuai dengan jumlah komputer yang digunakan. Dengan kata lain, satu printer dan scanner bisa digunakan untuk beberapa komputer sekaligus.
4. Centralized Security
Pemasangan perangkat keamanan pada satu tempat untuk mengamankan seluruh jaringan komputer. Contoh : Firewall ( Berfungsi Untuk Mengfilter/Menyeleksi Informasi yang Masuk).
5. Integrasi Data
Pembagian beban Pemrosesan data ke banyak komputer Lebih Mudah. Contoh : Sistem Terdistribusi.
6. Efisiensi Waktu dan Tenaga
Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data dan informasi yang bisa di lakukan tanpa kita bekerja dengan tenaga artinya kita tinggal buka aja Laptop/Komputer kita. Contoh : File sharing via jaringan.
7. Kerjasama
Memungkinkan kolaborasi dari banyak orang bahkan sampai dalam cakupan global (Seluruh Dunia). Contoh : Workgroup, Komunitas Open Source software (Free / Gratissss) .
8. Efisiensi Biaya
Mengurangi Kebutuhan Hardware dan Software (1 Komponen bisa di pake Bersama-sama). Contoh : Diskless workstation.
9. Peningkatan Produktivitas
Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta Terjalinnya Kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas akan meningkat.
10. Centralized Administration
Pengelolaan keseluruhan sistem dari satu tempat. Contoh : Active directory pada Windows 2000/2003 Server.
11. Hiburan interaktif (Nonton Acara Tv Online, Radio Streaming, Download Film atau Lagu, dll).
Menjadi sebuah kesenangan tersendiri  kalau kita  mempunyai jaringan komputer didalam rumah sendiri. Apalagi dengan sudah Dikembangkannya Smartphone yang makin banyak bermunculan sepeti i-Phone dan Android yang dimana Handphone tersebut dibutuhkan koneksi atau jaringan komputer yang memadai Untuk mengakses informasi yang kita ingginkan.
12. Efisiensi Biaya
Mengurangi Kebutuhan Hardware dan Software.
13. Efisiensi Waktu dan Tenaga
Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data dan informasi. Contoh : File sharing via jaringan.
14.Peningkatan Produktivitas
Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta terjalinnya kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas akan meningkat.

Sumber : http://okiandriyanto.wordpress.com/2013/05/29/manfaat-jaringan-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post