Latest News

Jumat, 08 April 2016

PENGERTIAN IMPERIALISME DAN KOLONIALISME



PENGERTIAN IMPERIALISME DAN KOLONIALISME
illustrasi imperialisme dan kolonialisme
            Mendengar kedua kata tersebut, terngiang kejahatan-kejahatan para penjajah yang dahulu pernah menjajah bangsa Indonesia. Nah, sebenarnya, apa sih arti imperialisme dan kolonialisme itu ? 
 Sebuah kata, pasti ada asal usulnya. Nah, darimana kata imperialisme dan kolonialisme itu berasal ? 
   Jadi, perkataan Imperialisme pertama kali Inggris pada akhir abad XIX. Disraeli, perdana menteri Inggris, ketika itu menjelmakan politik yang ditujukan pada perluasan kerajaan Inggris hingga suatu "impire" yang meliputi seluruh dunia. Politik Disraeli ini mendapat oposisi yang kuat. Golongan oposisi takut kalau-kalau politik Disraeli itu akan menimbulkan krisis-krisis internasional. Karena itu mereka menghendaki pemusatan perhatian pemerintah pada pembangunan dalam negeri daripada berkecipuhan dalam soal-soal luar negeri. Golongan oposisi ini disebut golongan Disraeli (Joseph Chamberlain, Cecil Rhodes) disebut golongan "Empire" atau golongan "Imperialisme". Timbulnya perkataan imperialis atau imperialisme, mula-mula hanya untuk membeda-bedakan golangan Disraeli dari golongan oposisinya, kemudian mendapat isi lain hingga mengandung arti seperti yang kita kenal sekarang.
    Perkataan imperialisme berasal dari kata Latin "imperare" yang artinya "memerintah". Hak untuk memerintah (imperare) disebut "imperium". Orang yang diberi hak itu (diberi imperium) disebut "imperator". Yang lazimnya diberi imperium itu ialah raja, dan karena itu lambat-laun raja disebut imperator dan kerajaannya (ialah daerah di mana imperiumnya berlaku) disebut imperium. Pada zaman dahulu kebesaran seorang raja diukur menurut luas daerahnya, maka raja suatu negara ingin selalu memperluas kerajaannya dengan merebut negara-negara lain. Tindakan raja inilah yang disebut imperialisme oleh orang-orang sekarang, dan kemudian ditambah dengan pengertian-pengertian lain hingga perkataan imperialisme mendapat arti-kata yang kita kenal sekarang ini. hingga kata imperealisme ini bisa digunakan untuk dan menetap di mana saja
   Bagaimana dengan kolonialisme ? Dari mana asal kata tersebut ?
a.     Pengertian Imperialisme
Jadi, imperialisme adalah suatu usaha memperluas kekuasaan suatu negara atau wilayah untuk dapat menguasai negara lain. Imperialisme tersebut dapat dibagi menjadi 2 (dua) macam, yakni imperialisme kuno dan imperialisme modern. Imperialisme kuno itu berlangsung sebelum revolusi industri serta juga bertujuan untuk dapat mempunyai kekayaan (gold), dan mencapai kejayaan (glory), serta juga menyebarkan agama (gospel). Spanyol serta juga portugis ialah negara yang menjalankan imperialisme kuno. Sementara Inggris adalah negara yang menganut imperialisme modern.
b.     Pengertian Kolonialisme
Sedangkan kolonialisme itu berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk dapatmengembangkan kekuasaan suatu negara atau wilayah yang diluar wilayah negara tersebut. Kolonialisme pada umumnya itu bertujuan untuk dapat mencapai dominasi ekonomi dari sumber daya, manusia, serta juga perdagangan di suatu wilayah. Wilayah koloni pada umumnya merupakan daerah-daerah yang kaya akan bahan mentah yang merupakan keperluan dari negara-negara yang melakukan kolonialisme.
Sumber :
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-serta-perbedaan-kolonialisme-dan-imperialisme/
https://id.wikipedia.org/wiki/Imperialisme
 

1 komentar:

  1. Jazakallah, semoga bisa menambahkan http://vracarsa.blogspot.co.id/2016/07/perbedaan-kolonialisme-dengan.html

    BalasHapus

Recent Post