Latest News

Rabu, 27 Juli 2016

FAKTA MENARIK JEPANG


FAKTA MENARIK JEPANG
Hai...... . Selamat datang kembali di blog yang dipenuhi oleh artikel mengenai sejarah ini. Akhir-akhir ini, kita membahas mengenai Jepang yang terjun pada Perang Dunia II. Ternyata, negera matahari terbit ini memiliki banyak fakta menarik looh. Semoga bisa menambah pengetahuanmu...
Kita mulai dari fakta menarik Jepang yang berhubungan dengan Perang Dunia II dulu ya....
1 1.      Wabah pes dari jepang dimanfaatkan pada kutu yang digunakan untuk membom Cina
Berdasarkan laporan dari seorang doctor di pengadilan Tokyo, terungkap fakta bahwa selama Perang Dunia II salah satu kota di Cina dibom dengan kutu yang terinfeksi wabah pes yang dibawa oleh militer Jepang. Hal ini kemudian berkembang menjadi wabah penyakit yang serius. Selama akhir tahun 1940, sebanyak 109 orang di Kota Ningbo dilaporkan tewas akibat wabah tersebut menurut ahli bakteriologi Huang Ketai. 
   2.       Jepang dan Rusia masih belum menandatangani perjanjian akhir Perang Dunia II
Jepang dan Rusia ternyata belum menangdatangani perjanjian damai apapun. Mereka masih memperjuangkan Pulau Kuril yang diduduki oleh Rusia selama Perang Dunia. Jadi, mungkin bagi negara-negara lain Perang Dunia II telah berakhir. Namun, bagi Jepang dan Rusia perang tersebut belum berakhir. Padahal perjanjian damai tersebut direncanakan ditandatangani pada tahun 2000.
   3.       Korban selamat dari bom atom di Jepang dinamakan niju hibakusha, yang secara harfiah berarti “orang yang terkena ledakan” (explosion-affected people)
  4.       Taktik Kamikaze Jepang (“angin tuhan”) diusulkan pada 10 Oktober 1944 oleh Laksamana Onishi dalam usaha untuk mengimbangi kemajuan teknologi untuk menjajah angkatan perang Amerika. Meski jumlahnya masih diperdebatkan, ada sekitar 2,800 pilot kamikaze yang meninggal. Mereka menenggelamkan 34 kapal Amerika, merusak 368 kapal, membunuh 4,900 nelayan, dan melukai 4,800 orang.
  5.       Meski Jepang menyerang pihak Inggris, Perancis, dan Amerika selama Perang Dunia II, tetapi Jepang gagal memperoleh banyak teritorial ketika perjanjian perdamaian disusun. Pada tahun 1920-an, pemerintahannya juga di bawah kontrol para nasionalis fanatik dan beraliansi dengan tentara, yang akhirnya mendorong Jepang untuk berdampingan dengan Jerman.
  6.       Pada tahun 1974, seorang tentara Jepang bernama Hiroo Onoda (1922-) keluar dari hutan di pulau Pasifik di Lubang. Dia bersembunyi di hutan selama 29 tahun, dan tidak sadar kalau negaranya telah menyerah.
   7.       Kampanye Kepulauan Aleut
Pada tanggal 3 Juni 1942, pasukan Jepang menyerang dan menduduki Attu dan Kiska, dua pulau yang merupakan bagian dari negara bagian Alaska. Namun, pulau-pulau ini memiliki sedikit nilai ekonomis, kondisi sangat buruk dan hanya menjadi sedikit ancaman terhadap Amerika Serikat. Banyak korban yang berjatuhan dari pihak Jepang bukan disebabkan oleh tembakan, namun jebakan, cuaca dan api .(wikipedia)
   8.       Japanese Holdouts
Japanese holdouts adalah tentara Jepang ditempatkan di seluruh pulau Pasifik yang menolak untuk menyerah, atau tidak tahu bahwa Jepang telah menyerah. Para prajurit tetap terisolasi di pulau-pulau, sering kali sendiri, selama beberapa tahun, atau dekade. Satu kasus terkenal adalah Hiroo Onada, yang akhirnya menyerah pada tahun 1974, 29 tahun setelah Jepang menyerah! [ Situs pada Japaneseholdouts ]
   9.       Balon api Jepang             
Dari Kekalahan di tahun 1944, hingga awal tahun 1945, Jepang mulai meluncurkan lebih dari 9000 "Balon Api" dari Pulau Honshu. Balon ini terbuat dari kertas Jepang (washi) yang diisi dengan hidrogen dan bahan peledak. balon - balon ini dimaksudkan untuk pergi dengan Jet Stream dan terbang ke Amerika Utara di mana mereka akan meledak.
Rencana itu sangat tidak efektif dan hanya sekitar 1000 balon yang sampai di Amerika Utara.
Namun, 6 Amerika tewas pada 1945 dalam sebuah ledakan tunggal.        
   10.   Insiden Ni’Hau
Pada tanggal 7 Desember, 1941 Jepang memborbardir Pearl Harbor. Banyak pilot Jepang bisa kembali ke kapal induk, tetapi beberapa tertembak jatuh, atau mengalami kecelakaan di Pulau Oahu. pilot Jepang diberitahu bahwa jika mereka mengalami kerusakan mesin dan harus mendarat, mereka harus melakukannya di pulau Ni'ihau, yang mereka pikir itu tidak berpenghuni.              Shigenori Nishikaichi adalah seorang pilot pesawat yang telah rusak. Dia crash dan mendarat di Ni'ihau, dan ia segera tahu kalo pulau itu dihuni. Dia diperlakukan sebagai tamu, tapi segera para penghuni pulau itu segera tahu tentang serangan terhadap Pearl Harbor. 3 pilot Jepang di pulau itu berusaha untuk membantu Nishikaichi untuk melarikan diri, tetapi akhirnya mereka dihentikan, dan Nishikaichi serta s salah satu pilot Jepang yang mencoba untuk membantu dia tewas. Ini dikenal sebagai insiden Ni'ihau.
Nah, sekarang, kita akan membahas mengenai fakta menarik Jepang yang tidak berhubungan dengan Perang Dunia II....
1.        Penduduk Berusia di Atas 100 Tahun
Bila Amerika Serikat memiliki banyak warga berusia di atas 100 tahun karena memang jumlah penduduk negara ini juga tinggi. Sementara, bila dibandingkan persentase warga dengan usia ini, di Jepang tergolong tinggi karena jumlah penduduknya lebih sedikit. Kenyataannya, terdapat 50.000 warga yang memiliki usia di atas 100 tahun di Jepang. Rata-rata usia harapan hidup penduduknya 82,9 tahun. Mereka memiliki sistem dan budaya perawatan kesehatan yang dapat membuat penduduk hidup lebih lama.
2.      Perusahaan Tua
Jepang merupakan asal dari perusahaan tua di dunia. Bahkan, ada yang telah beroperasi selama 1.400 tahun. Salah satunya, Kongo Gumi Co., Ltd, sebuah perusahaan Jepang yang bergerak di sektor konstruksi. Perusahaan ini, telah memegang rekor sebagai perusahaan tertua di dunia karena telah beroperasi selama 1.400 tahun sebelum akhirnya diakuisi perusahaan lain pada 2006.
3.      Hotel Tertua di Dunia
Nisiyama Onsen Keunkan adalah hotel yang buka sejak tahun 705. Menurut Buku Rekor Dunia dari Guiness hotel ini satu-satunya hotel tertua yang masih beroperasi hingga kini. Ya, masih buka untuk umum. Hotel ini memiliki lebih dari 50 generasi dari keluarga yang sama yang beroperasi sejak pertama kali buka. Stafnya berkomitmen untuk menjaga, karena hotel ini telah menarik perhatian.
4.      Kereta Paling Tepat Waktu
Untuk beberapa orang yang mengandalkan kereta api demi mencapai kantor, tak ada yang lebih tepat waktu selain kereta asal Jepang. Mereka selalu memastikan setiap kereta berhenti tepat waktu. Rata-rata keterlambatan di Tokaido Shinkansen hanya 0,6 menit. Kendati hanya telat kurang dari 1 menit, kondektur akan meminta maaf dan memberikan sertifikat keterlambatan kepada atasan penumpang. Keterlambatan mungkin terjadi tapi bukan di Negara Matahari Terbit ini.
5.      Tertidur Ketika Bekerja
Orang Jepang berpendapat pekerja yang tertidur di mejanya menunjukkan orang itu memiliki sifat pekerja keras. Bahkan, mereka memiliki kata spesial bagi mereka yang tertidur saat bekerja yaitu inemuri. Bagi mereka, rasa lelah muncul akibat tekanan kerja terlalu tinggi dan Jepang menghargai usaha keras yang dilakukan pekerjanya.
6.      Berkendara Menembus Gedung
Sebuah gedung di Fukushima-ku, Osaka, memiliki sebuah jalan tol yang menembus ke gedung. Tak ada yang spesial sebenarnya, tapi mobil benar-benar berjalan menembus ke gedung. Jalan ini melewati antara lantai ke 5 dan 7. Jalan tersebut seperti jembatan yang menghubungkan akses ke beberapa gedung.
7.      Parade
Penduduk Jepang pergi ke Kawasaki untuk merayakan Kanamara Matsuri atau perayaan kelahiran. Hal ini mengingatkan Anda dengan pesta bujang dan membeli benda-benda menyerupai penis. Bahkan, terdapat patung-patung penis raksasa yag bisa dijadikan objek foto. Festival ini mulai digelar pada abad ke-17 oleh pekerja seks komersial yang berdoa agar tak terjangkit penyakit.
8.      Kereta Mengambang
Seperti diketahui sebelumnya, Jepang sungguh-sungguh membangun keretanya. Apalagi, kereta yang melaju seperti peluru dengan kecepatan 320 km/jam. Kereta ini terlihat mengambang karena terdapat gaya magnet di relnya.
9.      Pulau Penuh Kelinci
Pulau Kelinci seluas 700.000 meter persegi. Turis datang ke sini untuk satu alasan, yakni kelinci. Paling tidak, terdapat 300 kelinci di sini. Walaupun kelincinya liar, turis bisa dengan mudah memangku dan memberinya wortel atau makanan kelinci lainnya. Sebelumnya, kelinci-kelinci ini dibawa untuk menguji ramuan. Namun, setelah Perang Dunia II semua kelinci dilepas ke alam liar. Tak ada pemangsa membuat jumlah kelinci berlipatganda dengan cepat. 
10.  Jumlah Sepeda Lebih Banyak Dari Pada Mobil Dan Motor
Walaupun Jepang merupakan negara produsen mobil dan memiliki insfrastuktur jalanan yang baik namun jumlah mobil dan motor disini lebih sedikit dengan jumlah sepeda. Padahal jika di lihat dari harga mobil di Jepang termasuk murah dan tidak berbeda jauh dengan Indonesia, apalagi dengan penghasilan warga Jepang yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta perbulan, mereka bisa memiliki mobil hanya dengan beberapa bulan saja bekerja.
Kemudian apa penyebabnya ?? Beberapa di antara nya adalah karena pembuatan SIM sangat mahal ( sekitar 25 juta rupiah ) dan terbilang sulit. Selain itu juga biaya parkir di Jepang juga sangat mahal ( sekitar 10.000 - 30.000 per jam ) dan akan naik seterus nya setiap satu jam. Dan juga di Jepang tidak ada bahan bakar bersubsidi dan harga perliter bahan bakar termurah biasa nya di kisaran 17.000 rupiah.
11.  Jarang Menemukan Sampah Berserakan
Walaupun Jepang tidak mengenal istilah " Kebersihan adalah sebagian dari Iman " tapi warga Jepang sangat sadar akan penting nya kebersihan lingkungan. Akan sangat jarang terlihat sampah terutama sampah plastik yang berterbangan di jalanan umum. Itu semua karena kebiasaan mereka yang selalu menyimpan sampah bekas makanan di dalam tas jika tidak menemukan tempat sampah di jalanan dan membawa nya pulang.
Di Jepang sampah juga di kelompok kan tersendiri seperti sampah plastik, sampah botol, sampah organik dan juga sampah yang tidak bisa di daur ulang. Jadwal pembuangan nya pun berbeda setiap hari nya, dan setiap pagi biasa nya ada petugas kebersihan ( Gomiya San ) yang berkeliling membawa truk mengambil sampah dari warga dan di bawa ke TPS setempat untuk di daur ulang.
12.  Transportasi Favorit Adalah Kereta
Jika di negara kita Indonesia orang lebih suka menggunakan motor atau mobil untuk bepergian dekat maupun jauh di Jepang sedikit berbeda. Kereta adalah transportasi favorit warga Jepang karena mode transportasi ini memiliki banyak kelebihan seperti cepat, murah praktis dan bisa menjangkau setiap daerah di Jepang.
Namun perlu di ketahui juga bahwa moda transportasi kereta di Jepang tidak sama dengan yang ada di Indonesia. Di Jepang segala nya sudah serba praktis dengan pelayanan dan jadwal pemberangkatan kereta yang super cepat. Bahkan di kota besar seperti Tokyo kereta bisa datang setiap 2-3 menit sekali.
13.  Jumlah Para Lansia Lebih Banyak
Jepang memiliki jumlah lansia yang lebih banyak dari pada remaja dan anak anak. Hal ini di karena kan semakin berkurangan nya minat warga Jepang untuk berkeluarga atau memiliki anak. Hal ini di karena kan beberapa sebab di antara nya adalah karena anak di anggap mengganggu kesenangan dan juga bisa menambah beban kehidupan. Selain itu pendapatan para wanita di Jepang sangat besar sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup nya sendiri jadi banyak dari wanita yang tidak menginginkan pernikahan.
14. Memakan Soba Atau Ramen Dengan Bunyi " Sruupuutt " Merupakan Sebuah Pujian
Di Indonesia saat makan entah itu di restoran ataupun di rumah sangat tidak sopan jika mengeluarkan bunyi entah itu bunyi sendok piring atau pun bunyi mulut yang sedang makan. Namun di Jepang justru sebalik nya, saat makan Soba atau Ramen jika kita mengeluarkan bunyi saat menyedot mie tersebut itu di artikan sebagai pujian bagi pedagang nya bahwa Soba atau pun Ramen buatannya sangat lezat.

15.  Tokyo, Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Dunia
Tokyo memegang rekor sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Contoh kecil nya saja untuk biaya apartemen dalam sebulan saya di haruskan membayar sekitar 3 juta rupiah untuk gas, sewa apartemen, air, listrik dan lain lainnya. Itupun di kalikan 6 orang jadi total sewa apartemen untuk kapasitas 6 orang adalah 18 juta rupiah dan ini pun di Yokohama yang merupakan tetangga dari Tokyo sendiri. Itupun belum termasuk biaya makan dan lain lainnya jadi tidak heran jika Tokyo mendapat gelar kota dengan biaya hidup termahal.
16.  Orang Jepang Kebanyakan Tidak Mandi Pagi
Mandi sehari 2 kali biasa di lakukan oleh kita orang Indonesia namun di Jepang pada pagi hari khusus nya, mereka tidak akan mandi melainkan hanya sikat gigi dan langsung berangkat melakukan aktifitas baik itu kerja maupun sekolah. Mereka hanya mandi sehari sekali, dan biasa nya mereka mandi dengan cara berendam air panas di " Ofuro " atau bak mandi dalam bahasa Indonesia pada malam hari menjelang tidur.
17.   Jepang Mengalami Setidaknya 1.500 gempa bumi setiap bulan
Lokasinya yang berada di atas empat lempeng tektonik yang selalu bergerak. Hal ini membuat Jepang menjadi salah satu tempat terburuk di dunia yang memiliki resiko gempa bumi setiap saat. Telah terjadi beberapa kali gempa bumi yang cukup dahsyat di masa lalu, namun yang paling mengerikan adalah bencana Tsunami (2011) yang menyebabkan kerusakan infrastruktur sangat parah dan hilangnya nyawa manusia mencapai hampir 16.000 jiwa.
18.   Kucing hitam dianggap sebagai pembawa keberuntungan
19.   Ada lebih banyak hewan peliharaan dibandingkan dengan anak-anak

Cukup itu dulu ya fakta menarik mengenai Jepang. Sebenarnya, masih ada begitu banyak fakta lain yang menarik. Semoga bisa dijadikan bahan pebelajaran dan suatu saat nanti kamu bisa melihat fakta-fakta tersebut dengan mata kepalamu sendiri (bagi yang belum pernah ;p)


Source :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post